TRANSMISI OTOMATIS

TRANSMISI OTOMATIS

Transmisi otomatis terdiri dari 3 bagian utama :

1. Torque Converter

Torque converter berfungsi sebagai kopling otomatis dan dapat memperbesar momen mesin. Sedangkan Torque converter terdiri dari Pump impeller, Turbine runner, dan Stator. Stator terletak diantara impeller dan turbine. Torque converter diisi dengan ATF (Automatic Transmition Fluid)

PERPINDAHAN MOMEN
MESIN > POMPA IMPELLER > TURBIN RUNNER > TRANSMISSION

Fungsi ATF :
– Memindahkan momen puntir pada torque converter.
– Mengendalikan hidraulic control system.
– Melumasi planetary gear dan bagian-bagian lain yang bergerak.
– Mendinginkan bagian-bagian yang bergerak.
Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada transmisi otomatis, maka perlu diteliti terlebih minyak pelumas yang akan dipakai transmisi otomatis.

2. Planetary Gear Unit (Roda Gigi Planetary)

Roda gigi planetary menerima gerak dari turbin runner di dalam torque converter dan berfungsi sebagai pembantu transmisi. Roda gigi planetary terdiri dari 3 roda gigi ( ring gear, pinion gear dan sun gear) dan planetary carrier. Roda gigi input, output dan stasionery dibuat untuk memindahkan dan membalikkan momen mesin.

3. HYDRAULIC CONTROL UNIT (Sistem Pengontrol Hidraulis)

Berfungsi untuk memindahkan secara otomatis dan menghubungkan roda gigi input, output dan stationery dari roda gigi planetary dan planetary carrier sesuai kondisi jalan.

Posted on June 23, 2009, in pemindah daya and tagged , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. thanks ya infone. jadi tahu bagian3 transmisi otomatis, cuma pembagian’e thok. engga paham yang mana barangnya hehehe. engga suka otak-atik ce.

    oia ajakan tukeran link sudah tak laksanakan lo, link pakai ini ya :

    teks/nama : Rusli Zainal sang Visioner
    link ke : http://www.ingateros.com/2009/06/rusli-zainal-sang-visioner.html

    silahkan kalao mau di cek di Home> Links> Blogrol Sahabat poin ‘B’. kalao engga di link engga jadi tak lamar lo xixixi *kabuuurr

  2. hallo…
    mo nanya nih saya punya vw caravel 98 at , saat ini kondisinya gak mo gerak, alias kayak gigi gak masuk tapi kalau mesin di matikan sebentar kemudian di nyalain lagi mau jalan tapi beberapa meter doang begitu seterusnya, ni kira2 di transmisi bagian apanya ya ? atf dah ganti…temen 2 barang kali ada yg pernah ngalami hal ini ..tolong ya…. trims..

  3. bagus mas biarpun q g tau mesin hehehehe jd ngerti dikit”….salam knal ya mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: